Thu. Jun 20th, 2019

Bebasku.com

Download Film & Movie Subtitle Indonesia

Download Film Dilan 1991 (2019) Full Movie

4 min read

Dilan 1991 adalah sebuah film Indonesia tahun 2019 yang disutradarai oleh Fajar Bustomi dan Pidi Baiq. Film tersebut adalah sekuel dari Dilan 1990. Film tersebut pertama tayang pada 24 Februari 2019 dalam “Hari Dilan” di Bandung, sebelum resmi tayang di seluruh Indonesia empat hari kemudian

Dilan, Dia adalah Dilanku Tahun 1991 adalah kelanjutan dari Novel Dilan, Dia adalah Dilanku Tahun 1990.
Jika novel pertamanya berkisah tentang Milea dan Dilan yang masih pendekatan. Maka, kelanjutannya berkisah tentang Milea dan Dilan yang sudah pacaran.
Menurutku seru yang novel pertama. Mungkin, saat-saat pendekatan memang selalu lebih seru dari pada saat-saat sudah jadian. Tapi, di novel yang kedua ini, kita akan lebih banyak belajar tentang sebuah hubungan asmara anak remaja, tentang pergaulan, dan juga akibat jika terlalu mengumbar amarah.
Kita juga bisa belajar dari Milea, bahwa menjadi wanita cantik itu banyak cobaanya. Gimana, nggak coba. Ada saja cowok-cowok yang mendekati Milea dengan berbagai cara. Milea mencoba bersikap baik pada mereka. Tapi, kalau disikapi baik mereka malah makin berharap. Namun, kalau Milea sadis pada mereka, nanti dibilang jahat. Serba salah, kan, jadi cewek cantik?
Rasanya, tidak hanya untuk anak remaja saja. Dalam semua hubungan asmara, kita tidak harus menggunakan amarah, tekanan dan ancaman untuk menyelesaikan sebuah masalah. Makanya, ada beberapa tindakan Milea yang aku nggak setuju saat menghadapi Dilan. Dilan itu sudah mendapatkan hukuman dari ayahnya. Rasanya, kalau nambah hukuman dari Milea, kok malah bikin Dilan jadi makin frustasi. Kalau udah frustasi, otak cowok kadang bisa koma, lho. Kalau udah koma, ya tahu sendiri.
Nyatanya, benarkan? Saat Milea menegur keras Dilan, si Dilan malah bukannya nurutin, yang ada dia tetep aja nekat.
Setahu aku, cowok berjiwa ala Dilan ini, kalau dibilangin pake marah-marah, malah nggak dimasukin hati. Tapi, kalau pakai cara baik-baik, mungkin bakal dipikirin – tapi, nggak menjamin juga diturutin. Susah, sih memang.
Menurutku Milea ini terlalu keras menghadapi Dilan. Yah, namanya juga anak SMA kali, ya. Makanya, nggak dewasa dalam menghadapi masalah. Jujur, aku malah kecewa sama Milea. Cowok diusia SMA kan memang begitu. Kayak api berkobar-kobar, kalau disiram bensin yam makin gede.
Novel ini bisa jadi bahan pertimbangan buat para cewek yang punya cowok kayak Dilan, maksudku, yang punya pergaulan riskan, suka bertengkar dan nge-gank. Gank sekarangkan lebih gahar dari pada dulu. Dulu aja udah kayak begitu, sekarang bisa dibayangin sendiri, deh.
Di novel kedua ini, karakter Milea makin terasa, terasa keras dan lumayan posesif. Dia senang bener mengatur-atur Dilan. Oke, memang sih melarang Dilan buat nggak ikut-ikutan gank motor memang punya niat baik. Tapi, nggak perlu sampai ngancam putus, deh. Kebangetan banget sama Dilan. Dilan, kan, udah diam saja setiap kali dimarahin Milea.
Tapi, aku juga suka Milea yang nggak jaim sama Dilan. Dia apa adanya di depan Dilan. Dia akan bilang cinta dengan blak-blakan tanpa malu-malu atau gengsi. Sebenarnya, lebih tepat, aku suka dengan cara mereka pacaran. Pokoknya, mereka berdua itu sebenarnya syik banget.
Dilan memang tipe cowok emosional. Tapi, menurutku emosi Dilan ini cukup terkendali. Dia nggak melakukan penyerangan kalau nggak merasa perlu balas dendam, atau nggak perlu ngamuk. Cuma, kalau sudah mulai menginjak-injak dia, dan nyakitin orang yang dia sayang, Dilan sudah nggak bisa diam lagi. Ini menurutku, sih wajar.
Aku masih suka dengan celetukan Dilan yang ngocol. Aku juga suka puisi-puisi Dilan buat Milea. Memang nggak seromantis puisi Khalil Gibran. Tapi, aku lebih suka novel Dilan dari pada Khalil Gibran. Pokoknya, cowok-cowok harus belajar sama Dilan kalau mau pinter ngerayu cewek.
“Kalau aku jadi presiden yang harus mencintai seluruh rakyatnya, aduh, maaf, aku pasti tidak bisa karena aku cuma suka Milea.” – Dilan – hlm. 30
“PR-ku adalah merindukanmu. Lebih kuat dari Matematika. Lebih luas dari Fisika. Lebih kerasa dari Biologi.” – Dilan – hlm. 30

Di awal novel, alurnya masih asyik, Dilan juga masih selucu dulu. Tapi, mulai ke belakang, suasananya berubah muram benar. Dilan juga nggak selucu dulu, nggak pernah ngocol lagi. Jadi, kangen Dilan yang tahun 1990.
Aku suka interasi keluarga Milea, dan juga keluarga Dilan. Aku suka banget sama Bunda, dan ayah Dilan. Menurutku, mereka ini suami istri yang asyik, deh. Enak kali, ya punya ibu-ayah mertua kayak mereka.
Meskipun aku merasa nggak terima sama ending-nya, aku tetap mengacungi jempol sepuluh – yang enam minjam – buat cara penyelesaian masalahnya.
Hah, rasanya tuh nyesek abis setelah banyak novel ini. Kenapa kisah yang dimulai dengan manis, kok nggak diakhiri dengan manis juga, sih? Kenapa Ayah Pidi? Kenapa kamu jahat? Kenapa!

Download Film Dilan 1991 (2019) Full Movie, Streaming Film Dilan 1991 (2019) Full Movie, Nonton Film Dilan 1991 (2019) Full Movie, Unduh Gratis Film Dilan 1991 (2019) Full Movie, Download Film Dilan 1991 (2019) Indoxxi, Download Film Dilan 1991 (2019) LK21, Dilan 1991 (2019)  cast

Informasi:

  • Judul = Dilan 1991
  • Genre = Drama, Romance
  • Negara = Indonesia
  • Durasi = 2 Jam 1 Menit
  • Sutradara = Pidi Baiq, Fajar Bustomi
  • Artis/Pemeran = Iqbaal dan Vanesha.
  • Rilis = 28 Februari 2019
  • Kualitas = 240p, 360p, 480p, 720p / 3GP, MP4,Full HD (CAM BRO)

Trailer Movie

Download Film Dilan 1991 (2019) Full Movie – Dibawah ini

Untuk mendownload film, silahkan pilih tombol download dari beberapa provider yang tersedia di bawah ini. 360P, 480P, 720P, dan 1080P adalah jenis resolusi layar, semakin tinggi resolusi layar maka kualitas film akan semakin bagus dan ukuran file yang didownload akan jadi lebih besar, sebaliknya jika resolusi lebih kecil ukuran file akan kecil dan kualitas gambar semakin standar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.